Categories
Uncategorized

2021: 150 Juta Orang Akan Didorong Ke Kemiskinan Ekstrem

Maryfpols.com – Kemiskinan global yang ekstrem diperkirakan akan meningkat pada tahun 2020 untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun karena ganggunan yang disebabkan oleh krisis virus corona yang memprihatinkan, Bank Dunia memperingatkan.

Menurut laporan baru, pandemi Covid-19 diperkirakan akan mendorong tambahan 88 juta hingga 115 juta orang ke dalam kemiskinan ekstrem tahun ini, dengan total meningkat menjadi sebanyak 150 juta pada tahun 2021, tergantung pada tingkat keparahan kontraksi ekonomi.

Kemiskinan ekstrem, yang didefinisikan sebagai hidup kurang dari $ 1,90 atau Rp 28.500 rupiah per hari, kemungkinan akan mempengaruhi antara 9,1 persen dan 9,4 persen dari populasi dunia tahun ini. Itu akan mewakili kemunduran ke tingkat 9,2 persen pada 2017. Seandainya pandemi Covid-19 tidak mengguncang dunia, tingkat kemiskinan diperkirakan turun menjadi 7,9 persen pada tahun 2020 ini.

Pandemi dan resesi global bisa menyebabkan lebih dari 1,4 persen populasi dunia jatuh ke dalam kemiskinan ekstrem,” kata Presiden Grup Bank Dunia David Malpass. “Untuk membalikkan kemunduran serius ini pada kemajuan pembangunan dan pengurangan kemiskinan, negara-negara perlu mempersiapkan ekonomi yang berbeda pasca-Covid-19 dengan mengizinkan modal, tenaga kerja, keterampilan, dan inovasi untuk pindah ke bisnis dan sektor baru.”

Bank Dunia memperkirakan pada thaun 2030, angka kemiskinan global bisa mencapai sekitar 7 persen.

Sementara kurang dari sepersepuluh populasi dunia hidup dengan kurang dari 28.500 rupiah per harinya. Hampir seperempat populasi hidup dengan kurang dari 48.000 rupiah per hari, dan lebih dari 40 persen populasi dunia yang berkisar hingga 3,3 miliar orang hidup dengan 82.500 rupiah per hari.

Krisis saat ini sangat luar biasa. Tidak ada penyakit sebelumnya yang menjadi ancaman global secepat Covid-19. Belum pernah orang-orang termiskin di dunia tinggal secara tidak proporsional di wilayah dan negara yang terkena dampak konflik. Perubahan pola cuaca global yang disebabkan oleh aktivitas manusia belum pernah terjadi sebelumnya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *